YAQUB IBN ISHAQ AL-KINDI (800-873)

— Filosof Arab —

Al-Kindi dikenal di Barat sebagai Alkindus. Beliau populer sebagai “Filosof Arab” di Abad Pertengahan. Cardano menganggap Al-Kindi sebagai salah seorang dari dua pemikir terbesar di Abad Pertengahan. Dia termasuk sekelompok kecil ilmuwan Muslim yang memberikan kontribusi orisinil dalam banyak bidang. Al-Kindi adalah seorang filosof, ahli astronomi, dokter, matematika, ahli fisika, dan ahli geografi. Beliau juga merupakan seorang pakar dalam musik.

Yaqub Ibn Ishaq al-Kindi dilahirkan di Kufa (Irak sekarang) pada tahun 800. Ayahnya bekerja untuk Khalifah Harun Al-Rasyid. Al-Kindi menghabiskan karirnya yang panjang di Baghdad dan sezaman dengan Al-Mutawakkil, Al-Mamun dan Al-Mu’tasim. Beliau meninggal pada tahun 873, saat pemerintah khalifah Al-Mu’tamid

Al-Kindi adalah dokter pertama yang secara sistematis menentukan dosis bagi kebanyakan obat-obatan. Ini sangat membantu di dalam pengembangan standart dosis (resep) bagi para pasien. Di bidang kimia, Al-Kindi berpendapat bahwa logam-logam dasar tidak dapat diubah menjadi logam mulia dan bahwa reaksi-reaksi kimia tidak dapat menghasilkan transformasi unsur- unsur dasar. Beliau memberikan kontribusi penting pada sistem angka Arab. Di samping itu, Ia memberikan kontribusi pada geometri ruang ketika membantu Al-Khwarizmi di dalam studi astronomi. Karya orisinil Al-Kindi memberikan dasar bagi aritmetika modern. Ia juga memberikan kontribusi orisinil pada optika geometri, sebuah bidang khusus Fisika, dan menulis buku mengenai hal ini. Beberapa abad kemudian, karya Al-Kindi memberikan inspirasi bagi Roger Bacon.

Al-Kindi juga membahas mengenai aspek-aspek ilmiah musik. Beliau menyatakan bahwa berbagai not nada yang digabungkan dapat menghasilkan nada khusus yang harmoni, dan tingkat harmoni tergantung pada frekuensi not. Di samping itu, Beliau memberikan suatu metode untuk menentukan nada. Al-Kindi menyatakan bahwa ketika suara dihasilkan maka dihasilkan pula gelombang suara di udara, yang kemudian memukul gendang telinga.

Al-Kindi menulis lebih dari dua ratus empat puluh buku. Diantaranya enam belas buku tentang Astrnomi,  dua puluh dua buku tentang Kedokteran dan Filsafat, dua belas buku mengenai Fisika, tiga puluh dua buku mengenai Geometri, sebelas mengenai Aritmetika, sembilan buku mengenai Logika, empat buku mengenai sistem bilangan, dan tujuh buku mengenai Musik dan lima buku mengenai Psikologi. Di samping itu, Ia menulis monograf mengenai instrumen astronomi, ombak, batu karang dan batu mulia.

Gerard dari Cremona menerjemahkan banyak buku-bukunya ke dalam bahasa Latin. Buku-buku ini mencakup Ikhtiyarat Al-Ayyam, Al-Mosiqa, Risalah dar Tanjim, llahyat-e-Aristu, Mad-o-Jazr dan Adviyah Murakkaba.

Pengaruh Al-Kindi terhadap perkembangan fisika, matematika, kedokteran, filsafat dan musik berlangsung selama berabad-abad.

 

Share Button
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *