THABIT IBN QURRAH (836-901)

— Ahli Matematika —

Thabit Ibn Qurrah, dikenal di Barat sebagai Thebit, terkenal karena karyanya mengenai matematika, astronomi, matematika murni dan geometri. Thabit ibn Qurrah ibn Marwan Al-Harrani dilahirkan pada tahun 836 di Harran (Turki Sekarang) dan meninggal di Baghdad pada tahun 901. Ia bergabung dengan team ahli matematika Muslim Muhammad Ibn Musa Ibn Shakir di Baghdad, yang dibuat oleh Khalifah Abbasiyah.

Thabit adalah seorang perintis di dalam memperluas konsep geometri tradisional pada aljabar geometri dan mengusulkan teori-teori yang mengarah pada perkembangan geometri non- Euclid, trigonometeri spherical, kalkulus integral dan bilangan nyata. Beliau menggunakan istilah aritmatika untuk mempelajari beberapa aspek dari irisan kerucut (parabola dan ellips). Algoritmanya untuk menghitung luas permukaan dan volume benda padat sebenarnya adalah apa yang kemudian dikenal sebagai kalkulus integral.

Karya asli Thabit mengenai Mekanika dan Fisika melibatkan penyelidikan mengenai keseimbangan benda-benda, balok dan pengungkit. Beberapa sejarawan telah mengakuinya sebagai pendiri statistik. Ia termasuk pengkritik awal terhadap pandangan Ptolomeus mengenai astronomi. Dia juga mengkritik beberapa teori unsur-unsur Euclid dan mengusulkan perbaikan-perbaikan penting. Thabit menambahkan shere ke sembilan pada astronomi Ptolemic. Peneliti awal mengeritik karyanya mengenai ‘Trepidation of Equinoxes’ dan beberapa abad kemudian Tycho Brahe (1546-1601) menyempurnakan karyanya.

Thebit menganalisis beberapa permasalahn mengenai gerak matahari dan menulis karya mengenai jam matahari. Beer and Madler di dalam karya meraka yang terkenal Der Mond (1837) menyebukan suatu ciri permukaanbulan dengan nama Thabit (Thebit). Daerah ini merupakan sebuah dataran yang diameternya 30 mil Seksi No. 8. Penonjolan datara bundar memotong dinding lingkarnya. Sebuah kawah kecil menonjol pada sisi sebelah timur dari dataran ini.

Buku-buku Thabit mengenai matematika astronomi dan kedokteran -Alhamdulillah- selamat sampai sekarang. Beliau menerjemahkan banyak karya Yunani dan Syria mengenai ilmu pengetahuan ke dalam bahasa Arab ketika dia menjabat pada zaman Khalifah Al-Mu’tadid. Di antara terjemahannya ke dalam bahasa Arab itulalah Almagest dari Ptolomeus, Unsur-unsur tieometri dari Euclid, buku Apollonius mengenai insan kerucut dan beberapa karya Archimedes. Di abad pertengahan, Gerard dari Cremona menerjemahkan beberapa dari bukunya ke dalam bahasa Latin.

Thabit meninggalkan warisannya pada dua orang anak laki-laki (Ibrahim dan Sinan), dua orang cucu laki-laki (Thabit dan Ibrahim) dan cicit (Abu Al-Faraj) yang juga memberi kontribusi yang besar pada pengetahuan kita mengenai geometri, astronomi dan kedokteran. Anak laki- lakinya Sinan melakukan penyelidikan secara leratur (sertifikasi) terhadap para praktisi kedokteran yang dimulai pada tahun 931 dan memberikan 800 sertifikat kepada dokter. Sinan juga mendirikan rumah sakit berjalan dan memeriksa penjara-penjara untuk menjamin pelayanan kesehatan yang memadai.

Share Button
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *